Digital Marketing

Oleh: Pipit Sukmawardhani

Hallo Sobat Dunia Kampus dalam topik pembahasan kali ini yaitu kita akan membahas tentang “Digital Marketing”. Seperti yang sudah kita ketahui, pada zaman sekarang atau pada era revolusi 4.0 seperti sekarang kebutuhan mengenai digital marketing itu sendiri sangat penting bagi kita para intrepreneur muda. Mengapa Digital Marketing itu sangat bermanfaat bagi para entrepreneur muda saat merintis dan mengembangkan bisnisnya? Karena pada zaman sekarang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era diskruptif ini menjadi hal yang harus dan wajib dipahami dan dilakukan karena ini merupakan sebagian bagian dari strategi pemasaran pada dunia entrepreneurship. Apalagi pada saat dikabarkan muculnya virus Covid-19 pada Indonesia ini bahwa di era pandamik covid ini semakin mengaklerasi dan juga membuktikan betapa pentingnya penggunaan Digital Marketing bagi dunia entepreneurship, Karena ketika ditemukan orang yang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilalukan, maka dengan media digital lah satu-satunya solusi dalam masa pandemic covid seperti ini. Sehingga terbukalah sebuah peluang dan kesempatan bagi para entrepreneurship untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran dengan melalui pemanfaatan media digital tersebut.

Pada 2 tahun lalu tepatnya Januari 2019 kita bisa melihat bagaimana peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia saat ini. Yang semula hanyalah menggunakan beberapa media konvensional karena sudah di anggap sudah paling muktahir dulunya, namun demikian seiring dengan perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital langsung menguasai dunia dan mengubah pola perilaku konsumen, sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen dan ditangkap sebuah peluang untuk pemilik bisnis bahwa entrepreneur harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen. Oleh karena itu, dalam hal ini digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang dibererikan kepada konsumen supaya kita sebagai seorang pembisnis tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha seperti sekarang ini.

Dari 2,7 juta jumlah penduduk yang ada di Indonesia, maka 150 juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet, jadi penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Kemudian keseluruhan dari pengguna internet tersebut sudah mengakses/aktif menggunakan social media bahkan terlihat bahwa dari 150 juta pengguna aktif media social aktif tersebut maka hampir 80% mereka mengakses media sosialnya dengan menggunakan mobilephone (smartphone). Yang artinya disini hampir kebanyakan orang saat ini menggunakan smartphone, smartphone sekarang bukan lagi menjadi barang mewah, setiap orang di seluruh dunia pasti menggunakannya dan setiap smartphone itu sudah pasti ada berbagai macam aplikasi media social di dalamnya. Sehingga beberapa pemasar saat ini menggunakan media social sebagai strategi untuk pemasarannya, karena mengingat juga banyak konsumen yang telah aktif menggunakan media social melalui smartphone mereka.

Sedangkan pada tahun berikutnya yaitu pada januari 2020 terjadi penambahan sekitar 1,1% populasi, ternyata pertumbuhan penggunaan smartphone meningkat sebesar 4,6% terjadi lebih cepat penggunaan smartphone dibandingkan dengan jumlah populasi, begitupun dengan penggunaan internet meningkat sebesar 17% dalam satu tahun dan pertumbuhan penggunaan media social meningkat sebesar 8,1% atau 12 juta orang pertumbuhannya dalam 1 tahun. Bisa disimpulkan disini bahwa pertumbuhan penggunaan terhadap smartphone dan aktivitas terhadap internet dan juga aktivitas melalui media social bertumbuh sangat cepat dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah populasi itu sendiri. Hal ini menjadi salah satu hal positive bagi entrepreneur sebagai peluang karena setiap harinya peningkatan konsumen yang tentunya sering berbelanja menggunakan internet dan juga social media.

Digital Marketing itu sendiri merupakan suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah merek atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuan nya sendiri yaitu untuk dapat menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Mungkin disini kita juga pernah melihat ataupun mendengar sebuah merek/produk yang melakukan kampanye di dunia online seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, ataupu seperti situs-situs belanja online dan lain sebagainya. Mungkin juga kita pernah melihat ada perusahaan yang memiliki situs-situs web dan media social, Maka hal-hal tersebutlah yang dapat disebut dengan “Digital Marketing”.

Kita juga tahu bagaimana semakin harinya semakin dibutuhkan sebuah kebutuhan media digital, bukan hanya di Indonesia tetapi juga rata-rata di semua dunia ini orang-orang akan menghabiskan waktunya dengan menggunakan gadget mereka untuk mengakses internet dan media social. Ini juga menjadikan seorang entrepreneur sebagai peluang yang besar untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau pemasarannya. Lalu bagaimana Digital Marketing itu bermanfaat bagi para entrepreneur muda saat hendak merintis dan mengembangkan bisnisnya? Dalam dunia bisnis saat ini, pemasaran digital telah terbukti dapat menjangkau target pasar yang lebih luas serta meningkatkan penjualan dan membantu persaingan dengan entrepreneur-entrepreneur besar lainnya. Dalah hal itu kita harus mempunyai beberapa cara dalam melakukan perkembangan bisnis kita, yaitu yang pertama itu hendaknya kita sebagai entrepreur yang baru merintis bisnis jika ingin menarik minat dari konsumen kita mungkin harus 1).Mangaktifkan biaya promosi yang dengan demikian kita hanya perlu  memasang konten promosi di salah satu web bisnis ataupun situs-situs online lainnya. 2).Memudahkan riset pasar yaitu salah satunya dengan mengetahui keinginan pasar ataupun keinginan konsumen, maka disini tentunya kita akan lebih mudah merancang strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan. 3).Memudahkan mengelola barang, mulai dari melihat stok barang yang masih ada atau barang-barang yang banyak diminati oleh konsumen serta barang-barang yang nantinya sulit terjual. Dengan begitu mungkin dapat membantu mengembangkan bisnis yang kita rintis nantinya.

Di dalam Digital Marketing juga terdapat beberapa strategi yang hendak dilakukan agar usaha yang kita rintis nantinya akan lebih berkembang dan produk kita menjadi lebih dikenal serta memiliki daya saing yang tinggi. Adapun strategi digital marketing tersebut yaitu dengan menggunakan system “SOSTAC Digital Marketing Diagram” atau singkatan dari Situasion Analistys, Objektives, Strategy, Tactics, Actions, Control.

Yang pertama itu ada Situasion Analistys, yang merupakan sebuah langkah angar kita mengetahui posisi dan keadaan kita sekarang.

Yang kedua itu ada Objektives, yang merupakan situasi dimana kita akan menentukan tujuan yang akan kita lakukan nantinya.

Yang ketiga yaitu Strategy, strategy ini merupakan metode ataupun cara nantinya bagaimana kita akan menggapai tujuan tersebut.

Yang keempat yaitu Tactics, yaitu adalah cara atau tahapan yang lebih baik yang dapat kita lakukan dan kita gunakan untuk dapat mencapai tujuan.

Yang kelima ada Actions, actions ini merupakan tindakan dengan apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Dan yang terakhir itu ada Control, kita perlu melakukan control kepada sebuah kerjaan yang kita kerjakan agar nantinya tujuan yang kita rencanakan dapat tercapai dengan baik dan juga cepat tentunya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan begitu kita sebagai calon-calon entrepreneur muda harus bisa menggunakan serta memanfaatkan teknologi digital marketing ini dengan baik agar bisnis yang nantinya kita jalankan bisa sukses dan berkembang dengan baik. Dengan begitu juga kita tidak akan mudah tersaingi oleh kompititor-kompititor lainnya, dan yang terpenting jika kita ingin mengembangkan bisnis yang kita jalankan di dunia digital seperti sekarang kita sebaiknya mencari vendor atau agensi digital marketing yang sudah terbukti handal dalam strategi pemasaran di dunia internet ataupun social media agar nantinya kita bisa bekerja sama dan menghasilkan bisnis yang sukses untuk kedepannya.

Jangan lupa mampir dan baca juga artikel-artikel tentang entrepreneurship menarik lainnya di blog https://www.duniakampus40.net/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEINDAHAN PANTAI PASIR PUTIH